logo

bg-h4-whiteKolumnis

Rabu, 16 May 2018 | 09:05

Komparasi: Honda Brio RS Ditantang Datsun GO CVT

Penulis : Putri Amaliana - Editor : Bagja Pratama
img1

img1

Rilis

Jakarta - Ketika Datsun meluncurkan GO facelift, pakai transmsmisi CVT, sekaligus mengumumkan keluar dari LCGC, kita langsung ingat satu mobil pesaingnya.

Honda Brio RS. Citycar andalan dari Honda, yang menariknya, juga punya kembaran identik di segmen LCGC, yakni Brio Satya.

Strategi marketingnya juga mirip-mirip. Honda Brio Satya untuk LCGC, Honda Brio RS non LCGC, mobilnya mah sama persis plek-plekan.

Pun begitu dengan Datsun GO Panca dan Datsun GO, mobilnya juga kembar identik, hanya beda status segmennya saja.

(BACA JUGA : Jangan Abaikan Filter Udara, Ganti Teratur Lebih Baik)

Kenapa Honda Brio RS dan Datsun GO yang dipilih untuk diadu? Karena hanya dua mobil itu yang pakai transmisi CVT dikelasnya. 

Nah, asik nih kalau dua mobil beda merek itu kita komparasi. Kan sekarang Datsun GO sudah bukan LCGC, jadi selayak apa sih untuk menantang sang pemimpin pasar?


Ekterior

Keduanya punya dimensi mirip-mirip, kisaran panjang 3,6 meter dan lebar 1,6 meter, dengan dua gaya desain yang pastinya beda. Meski keduanya menjurus ke sporty look.

Sebenarnya, desain Datsun GO kalah keren dibanding Brio yang lebih simpel namun unik. Nuansa imut dan sporty sama-sama bisa dipancarkan dari sosok Brio.

Namun, setelah Datsun melakukan permakan pada GO facelift ini, tampangnya jadi lumayan keren dan terlihat sporty.

Mulai dari wajah barunya dengan desain grill dan bumper yang makin menonjolkan lekuk dan garis, plus selipan lampu DRL vertikal.

Datsun GO juga terlihat lebib lebar dan rendah berkat bodikit barunya, sedikit banyak mendokrak tampilannya mendekati Honda Brio RS.

Kaki-kaki lebih terlihat berisi Honda Brio RS, karena pakai pelek 15 inci, sementara Datsun GO diameter peleknya 14 inci. Mungkin bisa dibuat lebih gemuk dengan ban lebih lebar.

Sayang, pada bagian belakang, kedua mobil ini sama-sama belum praktis untuk membuka pintu bagasi, karena belum disediakan handle.


Interior

Nah, sekarang kita masuk ke dalam kabinnya. Lagi-lagi interior Datsun GO yang usang dan terlihat murahan kini sudah digusur dengan yang baru. 

Kalau tidak, mungkin kami pun malas mengulas komparasi desain kabin Datsun GO lawas.

Untuk yang baru ini, meminjam kepunyaan Datsun Cross, jadi terlihat lebih berkelas dan sporty, dengan nuansa dua nada warna.

Desain dasbor yang sporty, layak dibandingkan dengan dasbor Honda Mobilio, eh maksudnya dasbor Honda Brio yang juga nyomot dari Honda Mobilio.

Urusan elegan dan kemewahan, mungkin dasbor Brio RS lebih baik, namun urusan kesan futuristis dan sporty, kentalnya ada di kabin Datsun GO.

Desain head unit keduanya bersaing lah, meski Datsun terlihat lebih mencolok dengan desainnya cover head unit yang kekinian.

Namun, panel AC Honda Brio jauh yerlihat lebih berkelas dengan suguhan ala ala layar sentuh.

Urusan lampu, Datsun GO punya fitur yang gak dimiliki Honda Brio RS, yakni fitur Auto Headlamp On. Bisa diaktifkan pada tuas lampu di sebelah kanannya,.

(BACA JUGA : Beli Tahun 1991, Honda Accord Maestro ini Baru Jalan 14 KM)


Mesin

Kedua mobil ini sama-sama mengusung mesin berkapasitas 1.200cc. Bedanya di jumlah silinder, Honda Brio 4 silinder, Datsun GO 3 silinder.

Honda Brio RS punya tenaga sebesar 88 Hp dan torsinya 110 Nm. 

Sementara Datsun GO tenaga yang dihasilkan untuk transmisi CVT lebih besar dibanding transmisi manual, yakni 78 Hp dan torsinya 104 Nm.

Diatas kertas, tentu Honda Brio lebih unggul, baik dari tenaga sampai torsinya, karena angkanya lebih besar dari Datsun GO.


Harga

Urusan harga, baru deh keduanya ibarat bumi dan langit. Entah Honda Brio RS yang kemahalan atau Datsun GO yang kemurahan.

Untuk tipe tertingginyq, Datsun membanderol Datsun GO CVT (Tipe T-Active) seharga Rp 142,19 jutaan.

Bandingnya bedanya dengan Honda Brio RS yang dibanderol Rp 180 jutaan. Beda harga keduanya hampir Rp 40 jutaan!

Nah, dari perbandingan tersebut, kalian pilihana nih? (otojurnalisme.com)


Datsun GO CVT

Mesin 3 silinder inline 1.200 cc 
Tenaga78 Hp/6.000 rpm
Torsi104 Nm/4.400 rpm
Dimensi 3.788mm x 1.636mm x 1.507mm
Ban165/70 R14


Honda Brio RS

Mesin 4 silinder inline 1.200 cc 
Tenaga: 88 Hp/6.000 rpm
Torsi: 110 Nm/4.400 rpm
Dimensi: 3.640mm x 1.680mm x 1.485mm
Ban: 185/65 R15

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Rilis
rilis.otojurnalisme.com

Join Date : Selasa, 24/10/2017 11:59

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Rilis
Rilis
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
SW218
Sw218
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Jusripulubuhu
Jusripulu

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Kamis, 17 May 2018 - 11:05 wib
Ragam Cara Tambal Ban, Mana yang Benar?
img1
Minggu, 20 May 2018 - 17:46 wib
Insiden Mewarnai Lap Terakhir Moto3 GP Perancis
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter